Berita

    Tenang! Ketahui Solusi Penyebab Setir Mobil Terkunci

    Setir mobil terkunci memang jarang terjadi. Namun, saat terjadi bisa memberikan dampak yang berbahaya untuk pengemudi dan penumpang. Sebab, dapat berakibat fatal. 

    Untuk itu, wajib bagi Anda mengetahui penyebab kemudi mobil terkunci secara tiba-tiba dan mencari solusi untuk mengatasinya. 

    Ketahui Penyebab dari Setir Mobil Terkunci

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan setir mobil dalam keadaan terkunci secara tiba-tiba saat mengemudi. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Ada Masalah di Pompa Power Steering

    Kegagalan fungsi power steering pump menyebabkan kemudi mengalami kemacetan secara tiba-tiba saat mengemudi. Akibatnya, kemudi tidak dapat digerakkan dan terkunci secara total. 

    • Akibat Melewati Tikungan Tajam Mendadak

    Saat kendaraan menikung tajam di area belokan, sering kali dapat mempengaruhi sistem transmisi kendaraan. Hal ini dapat merusak mesin yang mengakibatkan roda kemudi langsung terkunci. 

    Belokan yang menikung secara mendadak membuat pompa power steering tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

    • Penguncian Mendadak karena Pengapian Aus

    Kunci mobil juga bisa membuat setir mobil terkunci secara otomatis. Kasus ini terjadi saat kunci tidak lagi bisa digunakan untuk menghidupkan ataupun mematikan mesin. Biasanya, disebut kondisi penguncian mendadak. 

    Kondisi ini sangat berbahaya bila terjadi saat Anda mengemudi di jalan raya dalam kecepatan tinggi. Umumnya, penguncian mendadak bisa terjadi karena sistem pengapian yang mulai aus dan perlu dilakukan pengecekan maupun perbaikan. 

    • Ada Masalah Di Ecu (Engine Control Unit)

    Komponen ECU menjadi jantungnya mobil. Sebab, ECU menghubungkan antara kemudi elektronik dengan komponen lainnya. Apabila ECU berhenti menyuplai tenaga ke power steering, kemudi secara otomatis akan mengunci. 

    • Poros Kemudi Gagal Fungsi

    Komponen ini ada di bagian utama kemudi dan berfungsi untuk menghubungkan sistem kemudi dengan roda kemudi. Apabila komponen ini gagal berfungsi, setir akan langsung terkunci. 

    setir susah belok

    • Linkage Kemudi Macet

    Apabila linkage kemudi mengalami macet, Anda dapat kehilangan kendali. Sebab, komponen ini menghubungkan roda dengan sistem kemudi. 

    Solusi untuk Mengatasi Setir Mobil yang Terkunci

    Untuk mengatasi penyebab terkuncinya stir mobil, Anda bisa melakukan perbaikan dengan cara seperti berikut ini:

    • Menghindari Menikung Tajam secara Tiba-Tiba

    Hindari untuk berbelok di tikungan tajam secara mendadak. Ketika melewati area yang berkelok, pastikan untuk berkendara dengan pelan dan hati-hati. Sebab, tikungan cepat dapat merusak transmisi mobil dan membuat kemudi terkunci. 

    • Melumasi Komponen Power Steering

    Komponen ini berperan penting untuk roda kemudi. Maka, ketika merasa kondisi kemudi sudah mulai keras, segera beri pelumas di area power steering menggunakan oli agar tidak terkunci saat mengemudi. 

    • Lakukan Servis Secara Berkala

    Agar terhindar dari kejadian stir terkunci tiba-tiba, pastikan untuk rajin melakukan servis ke bengkel resminya. 

    Anda juga dapat memastikan jika semua komponen mobil dalam kondisi baik dan mendeteksi dini apabila ada kerusakan, sehingga bisa ditangani lebih cepat dan menghemat biaya maupun waktu. 

    • Jaga Setir Mobil dalam Kondisi Bersih

    Debu maupun kotoran yang menumpuk di area stir mobil dapat mengganggu dan menyebabkannya macet atau terkunci secara tiba-tiba. Untuk itu, jaga agar kemudi selalu dalam keadaan bersih. 

    Itulah beberapa penyebab dan solusi yang bisa Anda lakukan ketika setir mobil terkunci secara tiba-tiba saat mengemudi. Pastikan untuk rutin melakukan perawatan dan pengecekan ke bengkel resmi agar lebih cepat mengetahui kerusakannya dan dapat segera memperbaiki.