Berita

    Ini Tanda-Tanda Knalpot Mobil Bocor dan Harus Diganti

    Knalpot merupakan bagian atau komponen yang penting dalam sebuah mobil. Knalpot mobil ini memiliki fungsi mengeluarkan gas sisa pembakaran yang akan menjaga kondisi kendaraan selalu prima. 

    Namun Anda harus waspada jika knalpot mengalami kerusakan dan kebocoran. Hal ini bisa terjadi kapan saja dan akan berbahaya bagi performa mobil Anda. Mari cari tahu apa saja tanda kebocoran knalpot itu dan faktor yang memicunya. 

    Ciri Knalpot Mobil Bocor

    Kebocoran pada knalpot memang sebenarnya cukup mudah untuk dideteksi. Apalagi jika Anda menggunakan mobil setiap hari. Berikut adalah beberapa ciri atau tanda kebocoran pada knalpot yang perlu diwaspadai:

    • Penurunan Performa

    Kebocoran pada knalpot ditandai dengan adanya penurunan performa. Knalpot yang bocor akan memicu tenaga mobil jadi semakin melemah. Hal tersebut akan terus terjadi apabila kebocoran tidak segera diatasi. 

    Sebagai pengguna mobil, Anda tentu bisa dengan mudah menyadari saat ada penurunan performa atau daya mobil. Mobil jadi lebih lemah dari biasanya dan tidak bisa melaju secara optimal. 

    • Bahan Bakar Lebih Boros

    Pemakaian bahan bakar mobil juga akan jadi lebih boros karena adanya kebocoran pada knalpot. Hal ini terjadi karena knalpot yang bocor akan memicu mesin tidak bergerak pada putaran RPM yang rendah. 

    • Suara Mesin Bising

    Kebocoran knalpot juga akan memicu suara mesin yang jauh lebih bising. Suara mesin bisa lebih keras dari biasanya dan cukup mengganggu. Anda pasti akan lebih sensitif pada kondisi ini jika sering menggunakan mobil tersebut. 

    • Muncul Bau Menyengat

    Tanda lain yang bisa Anda kenali saat knalpot mobil bocor adalah adanya bau yang menyengat di bagian kabin. Saat Anda menyalakan mesin, suaranya jauh lebih keras dari biasa dan muncul bau yang cukup menyengat. 

     

    knalpot bauPexels.com

    Kondisi seperti ini bisa dicurigai sebagai kebocoran knalpot dan Anda harus segera memeriksanya. Bau menyengat tersebut muncul dari asap knalpot yang tidak bekerja secara optimal dan mengalami kebocoran.