Berita

    Simak Cara Mengemudi Mobil di Tanjakan

    Sebanyak apapun pengalaman Anda berkendara, mengemudi jalan menanjak akan berbahaya. Terlebih jika Anda baru pertama kali melewati jalur tersebut.

    Permasalahan yang paling sering terjadi adalah mesin yang tiba-tiba mati karena tenaga mobil tidak sesuai dengan penggunaan transmisi gigi.

    Tidak sedikit pula kecelakaan terjadi akibat mobil gagal menanjak. Penyebabnya adalah kondisi mobil yang tidak kuat menanjak atau pengemudi tidak mampu menguasai mobil.

    Maka dari itu, terdapat beberapa cara khusus agar Anda dapat mengemudi di jalan yang menanjak dengan mulus dan lancar. 

    Cara Mengemudi Jalan Menanjak dengan Mulus

            1. Fokus

    Mengemudi kendaraan khususnya mobil di jalan menanjak harus dilakukan secara fokus agar dapat melaju mulus.

    Tetap tenang, perlahan, tanpa perlu injak pedal gas terlalu dalam. Hal tersebut hanya akan membuat mobil melaju tidak semestinya dan terasa berat ketika menanjak.

            2. Gunakan Transmisi Mobil yang Tepat

    Pastikan gigi yang digunakan adalah gigi rendah agar tenaga yang dikeluarkan sebanding dengan medan yang akan dilaluinya.

    Usahakan pindahkan gigi sebelum Anda mengemudi jalan menanjak. Jika transmisi gigi diturunkan di tengah jalan menanjak, tenaga mobil akan hilang dan berujung pas mati mendadak. Untuk memulainya lagi akan jauh lebih sulit.

    Lalu, berapa transmisi gigi yang pas saat tanjakan?

    Ketika Anda berada di tanjakan yang cukup landai, gunakan gigi 3. Ini berlaku untuk mobil manual maupun otomatis. Sedangkan, untuk tanjakan curam, gunakan gigi 2 atau 1 untuk mobil manual dan gigi L untuk mobil otomatis.

            3. Seimbangkan Pedal Rem dan Kopling secara Bersamaan

    Pada kondisi mobil berhenti saat menanjak, injak pedal rem dan kopling sekaligus menggunakan kaki. Mesin mobil akan tetap hidup karena dilakukan dengan benar.

    Untuk memulainya kembali, injak pedal gas sampai RPM menyentuh angka 2000 kemudian angkat pedal kopling dan rem bersamaan dan tetap perlahan hingga terinjak setengah.

    Hal ini menyebabkan depan mobil berhenti, lakukan pemberhentian tanpa mesin mati karena Anda segera tekan kaki kiri.

            4. Atur Laju Kendaraan secara Perlahan

    Lakukan gerakan menanjak dengan tenang dan perlahan. Ketika mengemudi jalan menanjak, Anda perlu mengira-ngira beban mobil. Jika muatan cukup penuh, pedal gas harus diinjak lebih dalam agar mobil lebih bertenaga.