Berita

    Pentingnya Mengecek Kekencangan Mur Roda Mobil

    Roda mobil menjadi komponen penting yang wajib dijaga keseimbangan fungsi optimalnya. Komponen mur roda mobil menjadi salah satu yang penting diantara komponen roda mobil lainnya. Hal tersebut karena mur roda memegang fungsi yang vital.

    Namun, masalah yang muncul terkadang banyak yang melupakan bahwa komponen mur juga wajib diperhatikan kekencangannya. Hal ini tidak boleh disepelekan karena jika mur roda pada mobil tidak kencang, maka dapat berakibat fatal.

    Maka dari itu, pada artikel ini Anda wajib untuk mengetahui beberapa alasan pentingnya menjaga kekencangan mur roda. Simak ulasannya berikut ini!

    Alasan Penting Mur Roda Mobil Wajib Diperhatikan

    Menjaga kekencangan pada mur roda berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan Anda ketika berkendara. Karena komponen mur yang terpasang pada roda mobil ini ukurannya cukup kecil, maka seringkali disepelekan bahkan diabaikan.

    Sehingga disarankan jika Anda mengetahui alasan penting mengapa mur roda wajib diperhatikan. Berikut ini alasannya:

    • Mencegah Kerusakan Roda

    Alasan pertama adalah mencegah kerusakan roda mobil Anda. Bayangkan, jika mur roda tidak kencang maka kemungkinan roda mobil Anda tidak berfungsi optimal akan lebih tinggi. Tanda-tanda jika mur roda sudah tidak kencang dapat Anda rasakan.

    Misal, Anda merasakan jika roda mobil Anda goyang dan tidak stabil ketika dikemudikan. Hal ini tidak boleh Anda biarkan karena dapat merusak permukaan roda dan ban.

    • Mencegah Roda Mobil Terlepas

    Pada kasus yang fatal, mur roda yang tidak kencang dapat mengakibatkan roda ban terlepas ketika Anda kemudikan. Hal ini tentu dapat berakibat munculnya kecelakaan yang membahayakan nyawa Anda dan pengemudi lainnya.

    Maka, Anda wajib mencegah agar mur roda tidak terlepas dari dratnya karena dapat menimbulkan situasi berbahaya. Hal ini dapat Anda cegah apabila Anda peka dengan kondisi mobil Anda, terlebih jika sedang dikendarai.

    • Keamanan Saat Berkendara

    Alasan ketiga yang tak kalah penting adalah tentang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Kondisi mur roda yang kencang dan berfungsi optimal dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

    Anda tentu ingin mengemudi mobil dengan keamanan ekstra serta kenyamanan yang baik. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari kecelakaan lalu lintas yang membahayakan nyawa dan mobil Anda.

    Cara Mudah Mengecek Mur Roda Pada Mobil

    Jika Anda mengetahui betapa pentingnya mengecek dan mengatasi mur roda mobil yang kurang kencang. Maka selanjutnya Anda wajib mengetahui cara mudah lakukan pengecekannya. Anda dapat melakukannya sendiri atau membawanya ke bengkel resmi. Berikut ini ulasannya:

    • Siapkan Alat Pengecekan

    Pertama-tama, Anda wajib mempersiapkan alat-alat untuk melakukan pengecekan mur roda pada mobil. Alat pertama yang wajib ada adalah kunci torsi yang memiliki pengukuran dalam Newton meter (Nm).

    Karena nanti alat tersebut akan menunjukkan ukuran yang sesuai untuk setiap mur roda Anda. Contohnya, ukuran mur 21 mm, maka mur tersebut wajib dikencangkan sekitar 107 Nm.

    • Longgarkan dan Kencangkan Mur Secara Menyilang

    Selain menyiapkan alat khusus untuk pengecekan kekencangan mur, Anda juga wajib mengetahui teknik terbaik untuk melonggarkan serta mengencangkan mur. Teknik pemasangan menyilang dianggap sebagai teknik terbaik.

    Jadi, ketika Anda ingin melepas ban maka Anda wajib melonggarkan mur dengan bener. Lalu, saat ingin kembali memasang ban, pastikan velg dipasang dengan benar dan kencangkan mur dengan hati-hati.

    • Rutin Lakukan Servis Di Bengkel

    Cara ketiga yang cukup efisien dan tidak perlu repot melakukan sendiri adalah dengan rutin lakukan servis di bengkel. Karena tentu ketika Anda membawa mobil Anda ke bengkel, teknisi profesional akan segera mengetahui masalah pada mobil Anda.

    cek mur roda ke bengkelpexels.com

    Bukan hanya mur roda yang tidak kencang yang akan diatasi. Berbagai masalah sulit lain juga dapat teratasi dengan sempurna. Disarankan jika Anda berkunjung ke bengkel mobil resmi dan terpercaya.

    Itulah alasan pentingnya mur roda mobil harus tetap kencang dan berfungsi optimal. Anda dapat mengencangkan mur mobil secara mandiri atau membawa mobil ke bengkel. Asalkan, Anda wajib peka dengan kondisi mobil Anda dan tidak membiarkannya terus menerus.