Berita

    Ketahui Cara Mengemudi Mundur Mobil Manual yang Aman

    Sebagai pengemudi pemula, Anda harus mempelajari cara mundur mobil manual. Ilmu ini sebagai bekal terutama ketika akan parkir, atau saat ada insiden di depan mobil Anda.

    Pada mobil manual, butuh trik tersendiri untuk memundurkan mobil. Sebab, Anda perlu menggunakan kopling dan menguasainya. Bagaimana ya caranya? Simak yuk!

    Ini Dia 4 Cara Mundur Mobil Manual

    Sedikitnya ada empat langkah yang harus Anda ketahui apabila akan memundurkan mobil dengan transmisi manual. Antara lain:

            1. Perhatikan Pedal Kopling

    Anda harus menguasai betul cara mundur mobil manual dengan menggunakan pedal kopling, dan seberapa dalam akan menahannya. Nah, ketika akan memundurkan mobil, injak pedal kopling terlebih dahulu. Gunanya agar Anda bisa memasukkan gigi.

    Apabila kopling tidak diinjak, maka gigi persneling tidak bisa dipindahkan. Sehingga Anda tidak bisa memundurkan mobil.

            2. Pindahkan Gigi

    Setelah itu, mulai pindahkan gigi menjadi mundur atau R. Apabila mobil Anda masih berada pada persneling selain netral, maka pindahkan dulu posisinya menjadi netral. Setelah itu barulah posisikan gigi ke arah R atau mundur.

    Namun jika persneling sudah dalam posisi netral, tinggal pindahkan gigi persneling. Caranya dengan menarik tuas ke kanan, kemudian ke arah bawah. Hati-hati ya, jangan sampai tertukar dengan gigi empat.

            3. Lepaskan Kopling

    Setelah memastikan tuas persneling berada dalam posisi mundur atau R, cara mundur mobil manual berikutnya adalah dengan melepaskan pedal pada kopling. Anda bisa melakukannya secara perlahan, jika masih baru saja belajar memundurkan mobil.

    Sembari melepaskan pedal, sebaiknya perhatikan spion mobil. Pastikan bagian belakang mobil tidak ada kendaraan yang menghalangi. Perhatikan betul spion pada sebelah kanan, kiri dan juga di tengah mobil. 

            4. Mulailah Memundurkan Mobil

    Apabila situasi sudah aman, tidak ada barang atau orang di belakang mobil, mulai injak gas secara perlahan. Apabila posisi mundur lurus, maka tidak perlu menggerakkan setir mobil. Hanya saja pastika setir tidak berubah arah.

    Namun apabila Anda ingin memundurkan mobil dengan arah berbeda, maka mulai kendalikan kemudi Anda. Sesuaikan dengan arah yang akan Anda tuju. Kemudian jangan lupa untuk terus memperhatikan spion Anda. 

    Jangan menginjak gas secara penuh. Pastikan pula kaki kiri Anda standby di dekat kopling dan rem. Agar ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa sigap melakukan pencegahan.

    Perhatikan Hal Ini saat Memundurkan Mobil