Berita

    Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Kotornya Interior Mobil

    Interior mobil perlu dipelihara kebersihannya agar pengemudi dan penumpang nyaman dalam perjalanan. Anda yang menjadikan mobil pribadi sebagai kendaraan utama untuk mobilitas sehari-hari juga menghabiskan banyak waktu di dalam mobil.

    Itulah mengapa, kondisinya perlu dijaga agar nyaman dan terhindar dari kusam maupun berbau. Sebab, hal tersebut menandakan interior kotor dan tidak dirawat dengan baik. Jadi, intip berbagai hal yang umumnya menjadi penyebab interior pada mobil bisa kotor di bawah ini!

    6 Penyebab Interior Mobil menjadi Kotor

    Ketika Anda mendapati kondisi interior yang mudah kusam hingga berbau, perhatikan hal-hal berikut ini yang mungkin menjadi penyebabnya:

    • Makan dan Minum di Mobil Terlalu Sering

    Bagi Anda yang sering makan dan minum di dalam mobil, sebaiknya segera bersihkan area di dalam mobil setelah selesai makan dan minum.

    Terdapat sumber kotoran seperti serbuk atau remahan makanan, lalu minyak dari makanan berkuah, hingga cairan dari tumpahan minuman, yang dapat menjadi sumber penyebab interior berbau dan kusam.

    Bila tidak segera dibersihkan, maka kotoran tersebut akan sulit dibersihkan karena cepat menempel pada jok hingga serat fiber di karpet mobil.

    • Merokok di Dalam Mobil

    Untuk Anda yang merokok dan kerap melakukannya di dalam mobil, asap rokok Anda bisa jadi penyebab utama dari kusamnya interior pada mobil. 

    Asap tersebut akan mengenai area interior seperti plafon hingga dashboard, sehingga lama kelamaan menghitam dan kusam jika interior tidak rutin dibersihkan.

    Meskipun Anda membuka jendela dan menaruh tangan di luar jendela sembari merokok, hal tersebut tetap tidak direkomendasikan karena dapat mengganggu orang lain di sekitar Anda.

    • Berkendara di Area Berdebu

    Anda yang sering melewati area berdebu, seperti area proyek konstruksi bangunan, maka jangan lupa membersihkan mobil setelahnya.

    Sebab, partikel debu halus dari area tersebut akan menempel pada interior mobil. Anda mungkin tidak akan melihatnya dengan jelas, namun perlu diperhatikan sebab partikel yang kecil justru susah dibersihkan dan tidak terlepas begitu saja.

    Jadi, lebih rutin mencuci mobil agar interior tidak mudah kusam. Selain itu, Anda perlu rajin mengganti filter udara pada kabin mobil agar berkendara lebih nyaman karena udara di dalam mobil tetap segar tanpa kontaminasi debu.

    • Menjemur Mobil Terlalu Lama

    Penyebab interior pada mobil kotor yang satu ini berasal dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Ini mempengaruhi tampilan interior yang akan mudah rusak, mulai dari kulit jok mobil yang mengelupas hingga stir dan dasbor mobil yang turut terkena dampaknya.

     

    terpapar matahariunsplash.com

    Solusinya, Anda dapat memasang pelindung khusus agar ketika mobil dijemur, tidak langsung terkena interior dan mencegah komponen mobil di dalam cepat rusak.

    • Menggunakan Warna Pelapis yang Terang

    Interior pada mobil yang pelapisnya menggunakan warna terang seperti putih, abu-abu, hingga beige, akan lebih rentan terlihat kusam ketika kotoran menumpuk.

    Pelapis pun dapat berubah warna bila mobil jarang dibersihkan. Ini berlaku bukan hanya pada jok mobil saja, namun juga stir mobil, lalu tuas transmisi, kemudian tuas rem, hingga pegangan pintu mobil.

    • Jarang Mencuci Interior pada Mobil

    Satu lagi penyebab mengapa interior pada mobil Anda tidak terlihat bersih, yakni dari tidak rutinnya mencuci dan membersihkan mobil secara keseluruhan. 

    Ketika Anda mencuci mobil, usahakan selalu memesan lengkap dengan cuci interior agar kebersihan mobil tidak hanya pada eksteriornya saja. 

    Terutama bagi Anda yang sibuk, menggunakan jasa cuci mobil adalah solusi agar selalu nyaman berkendara karena kebersihannya terjaga.