Berita

    Wajib Tahu! Hal-hal yang Membuat Cat Mobil Cepat Kusam

    Ketika berbicara tentang pengalaman berkendara, salah satu faktor penting untuk menjaga kepercayaan diri pengendara selama perjalanan adalah kualitas cat mobil yang bersih dan mengkilap. Hal ini tentu beralasan, mengingat tampilan bodi mobil menjadi bagian yang pertama kali dilihat oleh orang.

    Selain untuk menjaga penampilan, kondisi cat mobil juga berpengaruh pada nilai keselamatan dan nilai ekonomis mobil Anda sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk selalu merawat dengan baik kendaraannya agar terhindar dari cat mobil kusam.

    Faktor-faktor penyebab cat mobil cepat kusam

    Setelah mengetahui pentingnya cat mobil untuk menjaga tampilan kendaraan, maka Anda perlu mengetahui beberapa faktor penyebab cat mobil menjadi cepat kusam dan sebaiknya dihindari.

    1. Terlalu lama dijemur

    Membiarkan mobil Anda terlalu lama dijemur dapat membuat cat jadi cepat kusam. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat merusak lapisan cat karena membawa sinar infra merah ultraviolet. Bagian mobil yang terkena sinar matahari langsung, seperti atap dan bagian atas kap mesin, paling rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.

    Maka, penting bagi setiap pemilik kendaraan memiliki garasi atau carport untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari langsung saat sedang tidak gunakan.

    2. Tidak rajin membersihkan mobil

    Inilah alasan mengapa mobil harus selalu rutin dibersihkan. Polusi udara, debu, dan partikel-partikel kecil lainnya dapat menempel pada permukaan cat mobil dan membuat cat cepat kusam dan kehilangan kilauannya. Jika partikel-partikel ini tidak segera dibersihkan, mereka dapat merusak lapisan cat seiring waktu.

    Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri dengan rajin membersihkan mobil untuk mencegah warna cat mobil kian mengusam sehingga tidak nyaman dipandang.

    3. Terpapar air garam dan air asam

    Penyebab lainnya yang dapat mempengaruhi cat mobil cepat kusam dan rusak adalah akibat pengaruh air garam dan air asam. Hal ini dapat terjadi jika Anda tinggal atau sedang bepergian ke area dekat pantai. Selain pengaruh air garam, cat mobil juga dapat cepat rusak jika terlalu lama terpapar air yang bersifat asam misalnya air hujan.

    Maka pastikan, Anda menyimpan mobil di dalam garasi saat hujan atau segera membersihkannya hingga kering jika sudah terlanjur basah oleh air hujan.

    4.  Menggunakan produk perawatan secara tidak tepat

    Menggunakan produk perawatan yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab cat mobil cepat kusam. Salah satunya adalah penggunaan cover yang salah, kesalahan memasang cover mobil saat hujan bisa membuat air serta kelembaban terjebak di permukaan bodi mobil. Tidak hanya membuat cat jadi kusam namun juga bisa menumbuhkan jamur.

    Kesalahan lainnya juga dapat terjadi ketika hendak memoles mobil. Alih-alih ingin mempercantik tampilan mobil, penggunaan bahan poles yang salah juga bisa menyebabkan cat menjadi kusam dan rusak. Maka sebaiknya pastikan jenis bahan poles yang digunakan sudah sesuai standar.

    5. Termakan usia kendaraan

    Sama halnya seperti komponen lain, kualitas cat juga akan menurun seiring bertambahnya usia kendaraan. Tentu hal ini adalah bagian alami dari proses penuaan kendaraan. Maka, pastikan Anda selalu melakukan perawatan yang maksimal agar kondisi cat mobil dapat terjaga dengan baik.

    Memiliki cat mobil yang bersih dan berkilau adalah salah satu cara untuk menjaga tampilan kendaraan Anda tetap memukau. Dengan perawatan yang tepat dan langkah-langkah pencegahan yang sesuai, Anda dapat mencegah terjadinya cat mobil kusam dan menjaga kendaraan tetap terlihat segar.