Berita

    Begini Cara Merubah Cat Mobil Kusam Jadi Kinclong

    Mengubah cat mobil kusam agar menjadi kinclong adalah hal yang susah-susah gampang. Anda memerlukan beberapa bahan dan teknik, lalu melakukan langkah-langkahnya dengan benar untuk mendapatkan hasil eksterior mobil yang diinginkan.

    Mengetahui hal tersebut, penting bagi Anda untuk menerapkan cara yang baik dan benar untuk membuat cat mobil menjadi tampak kinclong. Memang bagaimanakah caranya? Intip dalam pembahasan berikut!

    Apa Penyebab Cat Mobil Kusam?

    Meskipun sudah menjadi hal yang umum terjadi, kusamnya warna cat pada mobil juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

    • Terlalu Sering Terkena Polusi dan Debu

    Meskipun tidak terlihat tetapi baik polusi dan debu sama-sama mengandung partikel kecil yang bisa membuat mobil Anda baret dan cepat terlihat kusam. 

    Apalagi jika mobil Anda berdebu dan cara membersihkannya salah, alih-alih terlihat kinclong, mobil Anda justru malah terlihat makin kusam lho.

    • Cover Mobil

    Masih banyak yang belum mengetahui jika ternyata cover atau selimut mobil yang Anda gunakan untuk menutupi mobil Anda ternyata masih dapat ditembusi air terutama air hujan. 

    Lalu apa hubungannya? Mobil yang tertutupi oleh cover, ketika hujan turun, air hujan dapat menembus cover dan membuatnya terperangkap di bagian dalam cover.

    Pada saat cover penutup dibuka, permukaan mobil Anda akan terlihat berjamur dan terdapat bercak-bercak air yang akhirnya menempel di permukaan cat mobil Anda. 

    • Penggunaan Shampo dan Sabun

    Jika Anda termasuk tipe yang sering mencuci mobil menggunakan shampo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil, maka kebiasaan ini justru jadi penyebab warna cat mobil kusam.

    • Terkena Getah Pohon hingga Kotoran Burung

    Keseringan memarkirkan mobil dibawah pohon tentu beresiko untuk terkena getah pohon dan juga kotoran burung. Meskipun dapat dibersihkan tetapi jika terlalu sering terjadi juga membuat cat mobil Anda rusak dan terlihat kusam.

    • Cuci Mobil Pakai Air Panas

    Penggunaan air panas dalam mencuci mobil justru membuat cat mobil menjadi kusam dan memudar dengan cepat. Sebaiknya gunakan air dingin atau biasa demi menjaga keawetan warna mobil!

    Tips Agar Cat Mobil Kusam Jadi Kinclong Kembali

    Untuk menjaga keawetan warna dan mengatasi cat mobil yang kusam, Anda agar dapat terlihat lebih kinclong, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

    • Rutin Cuci Mobil Secara Teratur