Berita

    Yuk kenali Fungsi & Jenis Sabuk Pengaman Pada Mobil

    Sabuk pengaman atau safety belt adalah komponen keselamatan yang wajib digunakan ketika berkendara mobil. Terdapat sejumlah peraturan yang mengatur mengenai hal ini karena sabuk tersebut merupakan pelindung pencegah benturan karena kecelakaan. 

    Safety belt ini memiliki sejumlah fungsi. Mengenai jenisnya, terdapat beberapa dan masing-masing tersebut memiliki ciri khas. Nah, apakah Anda telah mengetahui dan memahami kedua hal tersebut? Jika belum, maka janganlah lewatkan informasi artikel ini.

    Fungsi Sabuk Pengaman

    Safety belt memang berfungsi untuk mencegah penumpang terlempar dari mobil ketika terjadi kecelakaan. Akan tetapi, terdapat fungsi safety belt lain yang sebaiknya Anda ketahui agar tidak gampang meremehkan keberadaannya. 

    • Sebagai pelindung bagian badan terpenting

    Ketika mobil mengerem dadakan, lazimnya tubuh bisa terdorong ke depan. Ini sangat berpotensi menyebabkan bagian tubuh yang penting lainnya seperti kepala dan wajah membentur benda di depannya. 

    Tidak hanya wajah dan kepala, safety belt pun dapat menjadi pelindung dada dari potensi benturan. Nah, karena pada kepala terdapat otak dan syaraf, sedangkan di dada terdapat jantung, maka safety belt bertugas mencegah risiko kematian.

    • Sebagai penahan penumpang supaya konsisten berada di tempat duduk

    Ketika mobil mengalami kecelakaan dan membentur sesuatu dengan keras, maka tubuh penumpang berpotensi untuk terlempar keluar mobil. Nah, disinilah fungsi safety belt yakni untuk menahan tubuh Anda terpental jika kecelakaan terjadi.

    • Sebagai pemberi kenyamanan

    Selain sebagai penjaga keselamatan, safety belt atau sabuk pengaman juga berfungsi sebagai pemberi kenyamanan. Dengan begitu, penumpang dapat duduk tenang dan nyaman contohnya seperti mencegah Anda terjatuh dari posisi duduk ketika mengantuk. 

    Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi-fungsi safety belt. Selanjutnya, untuk memahaminya lebih dalam, sebaiknya ketahui jenis-jenis safety belt melalui penjelasan berikut.

    Jenis Sabuk Pengaman

    Berikut adalah berbagai jenis safety belt pada mobil yang sebaiknya Anda ketahui.

    • Sabuk 1 titik

    Sabuk jenis ini memiliki bentuk yang sangat sederhana. Seperti namanya, sabuk ini terdiri atas satu buah titik saja. Mengenai pemakaiannya sangat mudah, cukuplah silangkan pada atas pangkuan penumpang.