Berita

    Yuk, Simak Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

    Kondisi kaca mobil berembun sangatlah umum terjadi. Hal ini memang terasa sangat mengganggu apalagi bagi pengendara. Jangkauan pandang saat mengemudi jadi berkurang, itulah mengapa harus diambil solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

    Solusi Mengatasi Masalah Kaca Mobil Berembun

    Saat kaca mobil Anda berembun, maka jangan dibiarkan saja. Ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

    • Ubah Suhu AC

    Kaca mobil Anda bisa berembun saat ada perubahan suhu yang terlalu ekstrem. Misalnya saja suhu AC terlalu rendah sehingga situasi di dalam kabin sangat dingin. Coba saja ubah suhu AC agar tidak terjadi perubahan yang ekstrem. 

    Anda bisa meningkatkan suhu AC untuk memberikan udara yang lebih hangat. Umumnya solusi ini efektif untuk mengatasi kaca mobil berembun dengan cepat. Jika ingin mendapatkan suhu dingin, lakukan pelan-pelan saja jangan langsung mengubah suhu secara signifikan. 

    • Nyalakan AC

    Jika posisi AC di mobil mati dan di luar sedang dingin, maka cobalah nyalakan AC. Biasanya embun tersebut muncul karena ada perbedaan suhu udara di dalam kabin dan luar. Apalagi saat Anda berkendara di malam hari atau di tengah hujan. 

    Biasanya karena berkendara di waktu dingin, Anda tidak menyalakan AC. Namun hal ini justru bisa memicu kaca mobil berembun. Oleh sebab itu cobalah untuk menyalakan AC sehingga suhu udara di kabin dan di luar sama. 

    Selain menyalakan AC, embun yang muncul dalam kondisi seperti ini juga bisa diatasi dengan wiper. Coba aktifkan wiper yang bisa membersihkan percikan air atau embun di bagian depan kaca. 

    • Lakukan Resirkulasi

    Solusi lain untuk mengatasi kaca mobil berembun adalah lakukan resirkulasi. Ini merupakan tindakan untuk mengganti udara yang terjebak di dalam mobil dengan udara di luar. Sirkulasi ini memang sangat penting karena bisa meningkatkan rasa nyaman pengguna mobil juga. 

    Untuk melakukan resirkulasi, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia di dalam mobil. Beberapa tipe mobil sudah menyediakan fitur tombol resirkulasi. Jadi ketika Anda menekannya maka secara otomatis udara akan mengalami resirkulasi atau pergantian.

    Saat dilakukan resirkulasi, udara di dalam mobil bisa lebih sesuai dengan udara di luar. Kondisi ini akan mencegah munculnya embun dan mengatasi embun yang sudah terlanjur terbentuk di kaca mobil. 

    • Buka Kaca Jendela Mobil