Berita

    Simak, Ini Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

    Baret mobil biasanya muncul karena bodi mobil tidak sengaja tergores oleh benda di sekitarnya. Atau ketika badan mobil bergesekan dengan bodi kendaraan lain. Terutama saat mobil melewati jalanan yang macet atau parkir di tempat umum. 

    Pemilik kendaraan seringkali tidak menyadari kapan gesekan yang membuat baret terjadi. Mereka baru mengetahuinya setelah menemukan baret di sana-sini.

    Baret pada mobil memang tidak akan mempengaruhi keselamatan maupun kenyaman pengendara. Namun goresan yang jelas terlihat, membuat eksterior mobil jadi tidak menarik.

    Cara Mengatasi Baret Mobil

    Baret pada mobil bisa membuat tampilan kendaraan jadi kurang sedap dipandang. Sebenarnya Anda dapat menghilangkan goresan-goresan halus pada mobil, memakai bahan  yang mudah ditemukan di toko swalayan. Atau menggunakan bahan yang tersedia di rumah. 

    Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel, jika baret yang muncul masih tipis dan tidak terlalu banyak. Cukup poles area bodi mobil yang baret dengan bahan pembersih atau bahan tertentu yang mampu menyamarkan goresan halus. Bodi mobil Anda bisa kembali mulus.

    Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini untuk menyamarkan noda goresan:

    • Menghilangkan Goresan dengan Kompon

    Kompon (compound) adalah suatu bahan kimia yang memiliki tekstur krim padat. Kompon biasa digunakan bengkel dan salon mobil untuk menghilangkan baret mobil. 

    Bahan kimia ini bersifat abrasif, sehingga mampu menghilangkan baret atau menyamarkan goresan pada bodi mobil. Caranya adalah dengan mengikis sedikit cat di sekitar area goresan. Untuk menutupi goresan hingga baret berhasil tersamarkan. 

    Kompon bisa Anda beli di toko aksesoris mobil dan swalayan. Namun Anda perlu teliti sebelum membeli, karena kompon terdiri dari beberapa jenis. Ada kompon merah, putih, serta kompon halus. 

    Sebaiknya  untuk pemakaian di rumah, Anda menggunakan kompon halus  yang lebih ramah cat mobil. Karena jenis kompon yang lain lebih sering digunakan di bengkel atau salon mobil. 

    Cara menggunakan kompon yaitu pertama, bersihkan dulu bagian baret mobil. Gunakan air untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel, lalu lap permukaan mobil sampai kering. 

    Setelah itu, aplikasikan kompon pada area mobil yang tergores lalu gosok dengan cepat tapi jangan terlalu menekan. Dengan begitu, cat mobil tidak terkikis terlalu banyak.