Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Turun Mesin & Ciri-cirinya

    Mobil turun mesin bisa dialami oleh siapa saja dan tidak bergantung kepada jenis kendaraan tersebut. Turun mesin dalam mobil merupakan istilah yang mengacu pada sebuah proses atau peristiwa yang mengharuskan adanya pelepasan mesin dari mobil. Ini dilakukan agar mesin tersebut dapat dicek lebih lanjut untuk kemudian diperbaiki sesuai dengan penyebabnya.

    Tentunya apabila mobil diharuskan untuk turun mesin terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab. Artikel ini akan membahas tentang macam-macam hal yang bisa menyebabkan sebuah mesin mobil harus diperiksa serta ciri-ciri apa saja yang menandakannya.

    Penyebab Mobil Turun Mesin

    Ketika proses turun mesin dilakukan pada sebuah mobil maka ada sesuatu yang menjadi penyebabnya. Macam-macam hal yang bisa menyebabkan sebuah kendaraan terutama mobil harus menerima proses turun mesin yaitu sebagai berikut:

    • Mesin Mobil Terlalu Panas

    Overheating atau keadaan di mana mesin mobil terlalu panas merupakan hal pertama yang kerap kali menyebabkan sebuah mobil harus turun mesin. Hal ini dikarenakan apabila mobil dengan kondisi mesin overheat dipaksa untuk tetap melakukan perjalanan maka dikhawatirkan akan mengalami mogok di tengah-tengah perjalanan tersebut.

    • Mesin Terendam

    Ketika sedang musim hujan, maka terdapat kemungkinan mesin mobil terendam yang mengakibatkan harus turun mesin. Penyebabnya yaitu saat mobil melaju di jalan penuh genangan air hingga memaksa menerobos banjir, maka air tersebut akan masuk ke ruang mesin yang bisa membahayakan. 

    • Timing Belt pada Mobil Putus

    Timing belt merupakan komponen pada mobil yang memiliki kegunaan penting sehingga sebuah mobil dapat berfungsi dengan baik. Namun ketika timing belt putus maka mesin pada mobil pun akan mati yang mana perlu dilakukannya turun mesin untuk diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki.

    • Oli yang Dipakai Jelek

    Supaya mobil berfungsi dengan baik, maka Anda perlu untuk mengedepankan kualitas untuk seluruh komponennya. Pada mesin, Anda perlu menggunakan oli dengan kualitas baik agar bisa meredam panas. 

    Ketika oli yang dipakai memiliki kualitas yang jelek atau abal-abal, maka dapat menyebabkan suhu panas pada mobil.

    • Air Radiator Kurang 

    Penyebab lainnya yang membuat mobil turun mesin yaitu kurangnya air radiator. Ketika hal ini terjadi, maka kemungkinan terdapatnya kerusakan pada silinder head maupun gasket atau bisa juga dikarenakan oleh kebocoran pada air radiator.

    Ciri Mobil Perlu Turun Mesin