Berita

    Kenali Proses & Manfaat Dari Coating Mobil.

    Mengaplikasikan coating mobil bisa membuat bodi kendaraan roda empat lebih tahan lama dan terlihat selalu mengkilap. Anda bisa membawa mobil ke bengkel atau salon mobil untuk mendapatkan coating. Atau Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

    Namun sebelumnya, apa itu coating? Pada dasarnya coating memiliki arti pelapisan, yang artinya terdapat proses penambahan pelapis ke atas permukaan suatu benda atau substrat. Jenis benda yang diberi pelapis bisa beragam, salah satunya yang cukup sering diberi coating yaitu mobil. 

    Coating mobil adalah proses memberikan pelapis pada bodi mobil menggunakan bahan khusus coating. Kurang lebih seperti memberi lapisan pelindung tambahan pada bagian terluar bodi mobil. Selain bisa melindungi, bahan coating juga membuat tampilan mobil jadi tidak kusam.

    Tahapan Proses Coating Mobil

    Proses coating bisa Anda percayakan pada teknisi ahli atau Anda lakukan sendiri di rumah. Bila Anda ingin melapisi sendiri bodi mobil dengan coating lakukan tahapan-tahapan berikut ini: 

    • Mencuci Mobil Sampai Bersih

    Langkah pertama Anda perlu mencuci mobil sampai bersih. Gunakan sampo khusus otomotif agar kotoran dan juga debu yang menempel pada bodi mobil bisa terangkat. 

    Setelah dibilas lagi dengan air sampai bersih, keringkan bodi mobil menggunakan kain lap kering. Penting untuk memastikan mobil sudah bersih dari noda yang menempel sebelum mulai mengaplikasikan coating. 

    • Tahap Detailing

    Kemudian gunakan cairan tar remover untuk membersihkan sisa residu aspal atau tar pada cat mobil. Proses ini dinamakan dengan tahap detailing.

    • Tahap Polishing

    Pada bodi mobil seringkali ditemukan bagian-bagian yang baret atau memiliki goresan tipis di cat mobil. Tahap polishing ini adalah proses yang berguna untuk menghilangkan baret dan goresan tersebut. 

    Anda sebaiknya menggunakan mesin poles otomatis yang memberikan tekanan secara konstan. Sehingga bisa menyamarkan goresan pada cat bodi mobil dengan cepat. Tapi jika tidak ada, tetap bisa menggunakan kain lap yang bersih.

    • Tahap Waxing

    Setelah cat mobil dipoles Anda bisa melakukan proses waxing. Namun tahap ini bersifat opsional, Anda bisa melakukannya atau langsung melakukan coating saja. Tujuan dari pemberian wax sebetulnya untuk membuat cat jadi lebih mengkilap. 

    • Tahap Coating