Berita

    Electronic Fuel Injection: Komponen & Kelebihannya.

    Electronic Fuel Injection disebut juga dengan EFI, merupakan salah satu sistem di kendaraan bermotor yang banyak dipakai saat ini. Komponen ini begitu penting bagi kendaraan dan fungsinya sangat vital karena dibutuhkan setiap saat. 

    Banyak klaim positif tentang penggunaan sistem EFI untuk kinerja mesin kendaraan, utamanya mengenai bahan bakar mesin yang dianggap jadi lebih hemat penggunaannya. 

    Di sini akan dibahas lebih jauh mengenai EFI pada mobil, mulai dari komponen penyusunnya sampai kelebihan yang dimiliki.

    Komponen Dasar dalam Electronic Fuel Injection

    EFI memiliki empat sistem yang membuatnya dapat bekerja dengan maksimal. Sistem tersebut mengatur suplai udara, mengontrol injeksi pada bahan bakar, mengatur nyala api pada busi dan juga sistem yang mengatur buangan gas emisi bahan bakar. 

    Lebih lengkapnya, berikut ini adalah komponen-komponen yang menyusun kinerja sistem EFI sehingga lebih optimal.

    • Tangki Bahan Bakar

    Dibutuhkan satu wadah berupa tangki yang dipakai untuk menampung bahan bakar di sistem EFI. Fungsi bahan bakar ini tentu saja untuk menyalakan mesin kendaraan. 

    • Fuel Filter

    Kegunaan fuel filter adalah menyaring kotoran yang mungkin dibawa oleh bahan bakar, sehingga ketika bahan bakar sudah memasuki ruang bakar menjadi bersih. Terdapat dua jenis filter bahan bakar yaitu filter halus dan filter kasar. 

    • Delivery Pipe

    Komponen pada sistem  EFI selanjutnya adalah delivery pipe, yang berwujud seperti pipa dengan lokasi pada saluran bensin. Fungsi utama komponen ini untuk menampung bensin dari fuel pump. Pipa ini terhubung dengan berbagai saluran injektor.

    • Electronic Control Unit (ECU)

    ECU menjadi komponen terpenting untuk EFI agar bisa beroperasi dengan maksimal. ECU mengelola data-data yang dikirimkan oleh sensor. 

    • Return Feed

    Berbentuk selang yang digunakan untuk mentransfer aliran bensin ke tangki bahan bakar saat terjadi tekanan yang berlebihan. Sehingga bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia.

    • Pressure Regulator

    Komponen ini dalam kinerja Electronic Fuel Injection bekerja untuk menstabilkan tekanan dalam tangki agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

    • Injektor